RK 1 :: Mendidik dan Mengajar, Sudahkah?


Pendidikan dan pengajaran merupakan dua hal yang berbeda. Mendidik adalah mempersiapkan anak didik untuk mengarungi samudera kehidupan dengan bahagia sejahtera. Arti bahagia dan sejahtera dalam hal ini adalah menjadi manusia yang mampu menjalani dengan baik berkehidupan secara individu, keluarga, bermasyarakat dan bernegara. Cara mendidik seorang anak didik salah satunya adalah melalui proses pengajaran. Pengajaran adalah proses pemberian bekal kepada siswa berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Saat ini, pendidikan kita menjadikan pendidikan karakter dan budi pekerti sebagai salah target sasaran yang harus tertanam pada siswa. Hal tersebut sesuai dengan pemikiran KHD tentang pengertian pendidikan. Bahwa dengan karakter dan budi pekerti yang baik yang akan menjadi bekal hidup bahagia dan sejahtera.  Selain itu pendidikan di Indonesia juga memiliki konten kurikulum yang berisi materi yang terus diperbarui. Sebagaimana KHD pernah menyatakan bahwa materi pengajaran harus up to date, sesuai kodrat alam dan zaman. Materi belajar yang siap menghadapi perkembangan zaman dunia baru tetapi tidak meninggalkan kodrat alam bahwa siswa adalah bagian dari keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Di sekolah saya, pendidikan dan pengajaran berlangsung secara simultan. Proses pengajaran lebih terstruktur dengan rapi melalui sebuah rancangan kurikulum yang sudah disusun sekolah. Sedangkan pendidikan karakter secara eksplisit melalui kegiatan-kegiatan siswa yang bisa dikatakan sebagai kurikulum yang tersembunyi (hidden kurikulum).

Sebagai seorang guru, saya merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD meskipun dalam kualitas pelaksanaan yang tidak maksimal. Artinya ada ketidakseimbangan porsi pendidikan dan pengajaran yang saya lakukan. Fakta di lapangan bahwa saya lebih focus kepada proses mengajar dengan tuntutan capaian kurikulum yang sudah ditentukan dan disepakati. Sedangkan perhatian kepada pendidikan karakter siswa kurang terstruktur perencanaannya, sehingga meskipun sudah saya lakukan, tetapi itu bersifat sporadis atau temporer.

Kondisi saya di sekolah tersebut jika dikaitkan dengan kemerdekaan dalam menjalankan aktifitas sebagai guru, maka hal yang saya alami masih belum menjalani kemerdekaan tersebut. Hal tersebut dikarenakan segala konten materi yang menjadi tuntutan kurikulum masih menjadi tujuan utama dalam pendidikan di sekolah.

Setelah mempelajari modul ini saya berharap:

–    Saya bisa melaksanakan tugas sebagai guru dengan seimbang antara pendidikan dan pengajaran.

–    Saya bisa menjadi guru yang merdeka dalam mendidik dan mengajar.

Setelah mempelajari modul ini saya memiliki harapan murid-murid saya:

–  Bisa menjadi siswa yang memiliki bekal utuh yaitu karakter dan budi pekerti serta ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup.

–  Menjadi pembelajar yang mandiri

Kegiatan dan materi yang saya harapkan pada kegiatan belajar ini adalah Ada diskusi yang mengungkap pemikiran dasar KHD tentang pendidikan dan pengajaran sehingga dapat saya gunakan untuk pengetahuan baru saya yang akan saya jadikan paradigm dalam menjalani tugas sebagai guru.Thursday, 19 May 2022, 11:55 PM

0 Tanggapan to “RK 1 :: Mendidik dan Mengajar, Sudahkah?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar




]} Qolbu Berbisik

qbfot


Sebelum semuanya berlalu ...

Semua yang ada di sini kebanyakan hanya pikiran-pikiran yang ada di otakku, kemudian aku tuangkan. Jadi mungkin banyak yang kurang berkenan dengan pengetahuan, perasaan atau keinginan anda mohon dipermaklumkan.

slide-1_3.jpg
image source : http://www.gusdur.net/

Selamat Jalan Gus Dur

Beribu terima kasih terucap untukmu
Engkau pergi setelah meninggalkan keteladanan hidup yang agung

Tak mudah kami mencatat,
Karena engkau telah menempuh jalan kebangsaan yang panjang
Karena engkau tak pernah henti menyalakan lentera kemanusiaan

Jasadmu boleh sakit dan pergi, tapi ruh dan semangatmu terus hidup bersama kami

Hiduplah dalam damai di kampung kedamaian

Selamat jalan Gus Dur...

Puisi oleh: Kang Yoto-Kang Harto (Bupati-Wabub Bojonegoro) disadur dari Radar Bojonegoro, Jumat 1 Januari 2010).

Coba-coba cari uang online!

]} Tulisanku Semuanya

]} Tamuku

  • 207.098 Pengunjung

Flickr Photos